Minggu, 15 April 2018

Set Up atau Instalasi perangkat lunak


Membaca manual installasi adalah membaca dan mengatur semua kegiatan installasi secara manual. Secara manual disini bisa menggunakan modul, buku panduan, atau referensi lain secara manual.


1.} Membaca Manual Installasi Setup 
     => Maksudnya adalah membaca tata cara atau langkah - langkah dalam melakukan installasi suatu sistem operasi atau aplikasi software. Ini semacam buku panduan dalam menginstall aplikasi atau software sehingga dapat berjalan dengan baik dan benar.

@Contohnya adalah seperti menginstall sistem operasi server, seperti CentOS menggunakan buku panduan, atau manual installation book. Untuk cara installasi CentOS bisa Lihat Disini.
Cara installasi CentOS tersebut, penulis buat sendiri dengan cara melihat/membaca tata cara langkah installasinya melalui Buku Panduan yang penulis miliki.




2.} Koneksi kendali ke Piranti
    => Maksudnya adalah bagaimana cara sebuah perangkat lunak/software, dapat mengendalikan sebuah hardware/perangkat keras. Tanpa sebuah driver, perangkat - perangkat keras seperti wifi adapter, soundcard, VGA Card, tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya kendali dari sebuah perangkat lunak.
Contohnya adalah seperti kita ingin menggunakan sebuah printer baru. Agar printer itu bisa digunakan/dapat dikendalikan oleh sebuah komputer/laptop. Maka di komputer/laptop itu diharuskan memiliki hak akses terhadap printer tersebut. Hak akses tersebut berupa software/perangkat lunak yang berupa driver, yang berfungsi sebagai alat kendali. Agar komputer/laptop dapat digunakan/dikendalikan.
Untuk contoh driver printer, bisa di download di web resmi dari vendor.




3.} Pengaturan Fungsi Jaringan


    => Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer - komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (seperti printer). Tujuan dari jaringan komputer agar dari setiap layanan komputer dapat meminta/menerima layanan yang dimaksud.
Fungsi dari jaringan komputer antara lain :
(+) Menghubungkan ke internet, untuk mendapatkan informasi
(+) Sebagai media komunikasi
(+) Sebagai media untuk berbagi sumber daya, seperti sharing printer.
(+) Sebagai alat pertukaran data secara cepat.

Dan salah satu fungsi lainnya adalah :
Biasanya pada saat kita meng-install sebuah aplikasi, maka pada saat proses peng-installan akan diminta hak akses atas jaringan yang tersedia, untuk menjalankan proses installasinya.
Salah satu contohnya adalah pada saat kita meng-install aplikasi GNS3.
Pada saat kita akan meng-install GNS3, maka kita diharuskan terhubung kedalam jaringan (internet), karena ada bagian dari proses peng-installan yang membutuhkan jaringan internet.




4.} Pengaturan Peripheral Lain.
    => Sebelum itu,  kita harus tau terlebih dahulu apa itu peripheral.
Peripheral komputer adalah komponen tambahan yang berfungsi untuk mendukung kerja komputer. Sehingga fungsi kerja komputer menjadi maksimal. Berdasarkan fungsinya, perangkat peripheral dibagi menjadi 2 bagian :

(1) Peripheral Utama        : yaitu, perangkat keras yang harus ada jika kita mengoperasikan komputer sehingga peripheral ini tidak dapat dipisahkan dengan komputer utamanya.
contoh :  Keyboard, Mouse, Monitor

(2) Peripheral Pendukung : yaitu perangkat keras yang tidak harus ada pada saat pengoperasian komputer. Sehingga perangkat ini hanya sebagai perangkat tambahan, untuk memaksimalkan kinerja komputer.
contoh : Printer, Scanner, Wifi Adapter, modem, flashdisk dan lain-lainnya.




5.} Melakukan BackUp

    => Untuk mengantisipasi kerusakan, tentu kita harus melakukan berbagai langkah, dan cara sebelum terjadi kerusakan tersebut kita harus memiliki antisipasi yang baik dan tepat. SAlah satunya adalah melakukan cakup data yang kita punya, ke media penyimpanan lain.

Cara melakukan backup data, adalah sebagai berikut : 
(+) Klik tombol "Start".
(+) Klik "Setting".
(+) Klik opsi "Update and security".
(+) Klik "Add a drive" dibawah bagian backup.
Darisini, anda dapat memilih untuk backup data ke drive eksternal atau lokasi jaringan.
Seperti biasanya, lebih dianjurkan untuk mendapatkan drive eksternal jika komputer anda tidak memiliki banyak memori. Alasannya karena backup akan menggunakan memori anda saat ini. Jika anda tidak mem-backupnya, ke penyimpanan eksternal. Jika komputer anda kehabisan ruang penyimpanan.






























Load disqus comments

0 komentar