Sabtu, 04 Maret 2017

MikroTIK in GNS3


Yaaaps kali ini kita akan mempelajari tenatang bagaimana caranya meng-create atau membuat simulasi jaringan mikrotik didalam aplikasi yang bernama GNS3.
 Hal yang harus diperhatikan sebelum membuat mikrotik didalam GNS3 adalaha, pastikan bahwa kita telah meng-install RouterOS pada perangkat anda. Disini saya terlebih dahulu meng-install RouterOS di virtual box. Untuk cara mengenai installasi mikrotik routerOS di virtualbox, Silahkan lihat Disini




(1)Langkah Pertama
Klik edit = > preferences pada jendela GNS3 pada PC kita

Dan ganti opsi 'Network' Dengan 'Host-only Adapter'.




(2)Langkah Kedua
Pilih dan klik VirtualBox VMS, selanjutnya klik Opsi new. Maka akan muncul nama  routerOS yang telah kita install sebelum nya di virtualbox, Lalu klik 'finish'.



(3)Langkah Ketiga
Klik kanan, icon dengan nama routeros yang telah kita install tadi. Lalu klik kanan, dan klik 'change symbol' untuk mengganti icon dengan icon router.


(4)Langkah Keempat
pilih icon router, dan ganti categorynya dengan Routers. Lalu klik 'OK'.


(5)Langkah Kelima
Pilih opsi 'network', lalu kita isikan berapa jumlah port interface router yang ingin kita miliki. Lalu ceklist 'Allow GNS3 to use any configured Virtualbox Adapter', Lalu klik Oke. Dan klik 'Apply' lalu klik 'Ok;'.


(6)Langkah Keenam
Klik icon Router pada GNS3, lalu drag and drop Router dengan RouterOS yang telah ter-install di dalamnya. Dan Router pun siap untuk dikonfigurasi.


Sekian mengenai bagaimana cara meng-create atau membuat Mikrotik kedalam GNS3.
Untuk melihat tutorial nya melalui Video, Silahkan Klik Disini

Load disqus comments

0 komentar