Sabtu, 04 Maret 2017

Cara install RouterOS MikroTIK

MikroTIK adalah sebuah perusahaan device jaringan terbesar didunia. MikroTIK memiliki sebuah sistem operasi yang bernama RouterOS yang digunakan untuk routernya. Kita bisa meng-install nya pada PC yang akan kita jadikan untuk mengkonfigurasi Router secara CLI. Bagaimana cara meng-install routerOS ?.... mari kita pelajari sekarang.

untuk sesi ini kita akan mencoba meng-install nya secara virtual menggunakan virtual box. Untuk peng-installan secaraa real di PC pun cara nya hampir sama dengan virtual.
Untuk melihat tutorial installisasi secara video, silahkan Klik Disini

(1)Langkah Pertama

Buka virtual box pada PC. Lalu klik opsi New, lanjut isi nama sesuai dengan keinginan anda. untuk type dan versionnya gunakan opsi Other.


 (2)Langkah kedua

Pilih ukuran memory (RAM) untuk PC virtual yang kita gunakan. Untuk peng-installan routerOS ini, memory RAM yang digunakan tidak peralu terlalu besar. Setelah kita menentukan ukuran RAM yang kita inginkan, klik tombol Next.


(3)langkah Ketiga
 Dilangkah yang keiga ini, kita klik opsi 'Create a Virtual hard disk now dan klik create.



(4)Langkah Keempat
Klik opsi VDI, lalu klik Next.



(5)Lnagkah Kelima
Klik opsi Dynamically allocated, lalu klik Next.



(6)Langkah Keenam
Setting mode jaringannya dengan cara klik opsi setting, lalu klik opsi Network, dam pilih opsi menjadi Bridge adapter.



(7)Langkah Ketujuh
jika kita ingin meng-create RouterOS ke GNS3 nantinya, silahkan ganti Network lalu pilih/gantikan ke Opsi 'Host-only Adapter'.



(8)Langkah Kedelapan
Dilangkah ini, kita masukkan file ISO dari mikroTIK routerOS. untuk mendapatkan file ISO nya silahkan download Disini pilih X86 lalu download file yang bernama 'CD IMAGE'



(9)Langkah kesembilan
di OPSI ini kita bisa memilih apa-apa saja yang akan kita install di routerboard kita. Saran saya pilih saja opsi system. Untuk memindah-mindahkan kursor disini, gunakan tombol 'N' untuk kebawah, 'P' untuk keatas. Atau bisa gunakan tombol panah pada keyboard PC anda. Setelah memilih, selanjutnya klik tombol 'i' untuk menginstall nya. klik tombol 'y' dan tunggu sampai formating harddisk dan install selesai.



(10)Langkah Kesepuluh
Setelah selesai, keluarkan CD image dengan cara klik kanan icon Disk, lalu klik 'remove disk from virtual drive' agar tidak terjadi booting ke disk kembali. Untuk versi real nya, kita bisa mengeluarkan Disk nya dari DVD room PC. 



 (11)Langkah Kesebelas
Karna kita baru saja menggunakan routerboardnya, isikan 'admin' pada mikrotik admin. Lalu klik enter. Dan jika diminta password, langsung klik enter saja.



RouterOS telah selesai di-install. Jika muncul windows ini, tekan enter saja terus sampai ada tulisan : admin@mikrotik :>
Dan routerboard telah siap untuk dikonfigurasi sesuai dengan keinginan.


Untuk melihat tutorial secara video, silahkan lihat disini
Semoga bermanfaat.

Load disqus comments

0 komentar