Selasa, 07 Maret 2017

Mikrotik User Meeting 2016

Mikrotik User Meeting adalah sebuah event networking yang diselenggarakan oleh Mikrotik. Didalam nya berisi workshop dan presentasi - presentasi dari para master dibidang networking/jaringan. MUM pada tahun ini berlangsung di Jakarta, cukup dekat dari sekolah saya yang berlokasi di Bekasi.

MUM 2016 adalah kali pertama saya mengikuti event ini. Suatu kebanggaan bagi saya dapat berkumpul dan mengkuti acara bersama para ahli jaringan yang datang dari berbagai kota di Tanah Air. Dengan mengikuti acara ini, minat dan keinginan saya dalam bidang jaringan menjadi bertambah.

Hari Pertama~

Acara berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 12 oktober - 14 oktober 2016. Pada hari pertama saya berangkat dari sekolah sekitar pukul 13:00 . Menggunakan bus sebagai kendaraan menuju lokasi, kami sampai dilokasi tepatnya di Hotel Holiday Inn Kemayoran, Jakarta sekitar pukul 15:00 . Sesampai nya dilokasi, kami langsung menuju basement untuk menunaikan ibadah sholat ashar di mushola basement.



Selepas sholat, kami menuju balroom tempat berlangsungnya acara. Karena acara baru akan dimulai pukul 17:00 , akhirnya kami menunggu di depan balroom sembari berfoto di tempat acara. Pada hari pertama agenda dari acara ini adalah meet and great dan pengambilan souvenir yang diberikan dari pihak Mikrotik. Souvenir yang kami dapat berubah, T-shirt,pulpen,note,sticker,katalog mikrotik &gantungan ID Card. 

Hari Kedua ~

Hari kedua acara kami berangkat pada pukul 07:00 dan sampai dilokasi sekitar pukul 08:10 . Sesampai nya dilokasi kami langsung menuju balroom dan menempati kursi audiens. Dihari pertama ada beberapa presentasi yang disampaikan diantara nya presentasi tentang pengenalan produk baru mikrotik oleh Mr. Sergeis Bayinkis selaku Staff Support of Mikrotik dan presentasi tentang network dari para ahli. 

Foto bersama CTO of MikroTIK Mr. Arnis Riekstins & staff support miktoTIK Mr. Sergeis Bayinkis  di sela jam makan siang



Presentasi 1 : ~Point to Multipoint on RouterOS
Pada presentasi ini dijelaskan tentang ;
(+)Problem dari penggunaan Wireless Point To Multipoint
ada beberapa masalah dari penggunaan jaringan dari konsep ini, diantaranya ;

-Jumlah perangkat Station yang terhubung ke access point
faktor ini menjadi salah satu problem dari penggunaan point to multipoint. Karena semakin banyak client yang terhubung ke access point maka bandwidth yang diterima oleh masing-masing client akan lebih kecil.

-Kecepatan transfer data yang naik turun
faktot ini disebabkan oleh signal yang kurang stabil dari client. Dan karena ada salah satu client yang mengalami penurunan data rate yang berdampak pada menurun nya kecepatan akses bagi semua client yang terhubung ke access point.

-Kemungkinan interferensi/gangguan dari faktor lain.

(+)Data rate & jenis nya
~Data Rate adalah Kecepatan akses maksimal secara teoritis berdasarkan Kalkulasi & modulasi.
datarate dibagi menjadi 2 diantaranya ;

~Basic Rate     : Datarate yang harus disetup dan dihubungkan antara client dan Acces Point.
~Support Rate : datarate yang bisa digunakan apabila kondisi memungkinkan. Apabila signal bagus maka data rate yang didapat akan lebih baik.

(+) kalkulasi Speed Access
~Throughput     :  Speed real yang didapat oleh client dari data rate yang digunakan.
pada kondisi lapangan, Throughput yang didapat hanya sebesar 40% - 60% dari data rate yang digunakan.

~kecepatan yang diperoleh adalah =  Data Rate - TX Power/kekuatan signal
untuk mengetahui bahwa seberapa besar throughput yang kita dapat, kita bisa menggunakan rumus ini sebagai parameter.

~SNR  : Signal to Noise Ratio adalah selisih antara signal yang diterima dengan noise ratio dari lingkungan sekitar. Semakin bagus sinyal yang didapat maka akan semakin bagus SNR yang didapat.

(+)Untuk mendapat TX power yang baik, solusi nya adalah dengan membuat interval yang tidak terlalu jauh antara Signal Strenght/kekuatan sinyal & Datarate yang digunakan oleh perangkat.

Setting datarate agar tidak terlalu jauh dari signal yang diterima.
Karena semakin besar datarate yang digunakan,maka akan semakin rendah kinerja dari TX Powernya.

(+)Access List
salah satu solusi dari pengamanan access point. Karena kita bisa mengunci signal dari client yang boleh terkoneksi ke interface wireless kita.

contoh : 
kita men-setup Access Point dengan mengunci kekuatan signal sebesar -27. Jadi hanya perangkat yang hanya memiliki signal strenght -27 yang bisa terkoneksi ke access point kita. Walaupun ada device lain yang memiliki signal diatas -27 , tetap device itu tidak akan dapat terkoneksi ke access point kita.


NEXT PRESENTATION :  About Hotspot 2.0

Terinspirasi dari kehidupan modern yang serba online, maka dibuatlah Hotspot 2.0 yang merupakan solusi dari ribet nya setting konfigurasi untuk terkoneksi ke Access Point.

Conclusion dari Presentasi ini adalah
 (+)Hotspot Selected Autentification adalah konsep dari hotspot yang akan mencari device untuk dihubungkan ke jaringan nya. Hal ini berbanding terbalik dengan mekanisme hotspot pada hari ini, dimana device yang mencari hotspot untuk dihubungkan ke jaringan dari hotspot tersebut.

Dan konsep nya memungkinkan perangkat untuk terkoneksi ke jaringan access point tanpa harus konfigurasi SSID terlebih dahulu.

(+)COMPONENT
~Remote AAA Servers
~Roaming Hubs
~Local AAA Servers
~Access Point
~Device

Next Presentation : About Implementation EoIP over VPN IP

(+)konsep dari cara ini adalah memungkinkan pengguna untuk mengirimkan dan menerima data Melalui Public Network namun seolah-olah mereka hanya terhubung di jaringan Pribadi.

(+)konsep pengkoneksian dari jenis ini adalah penyamaan tunnel both di kedua sisi jaringan.


Hari Ketiga ~



Di hari terakhir event, kami berangkat pada pukul 07:10 dengan bus Via Tol kebon nanas. Berbeda dari 2 hari sebelumnya yang menggunakan akses jalur umum. Dihari teakhir ini, ada seorang pemegang sertifikasi Trainer mikrotik pertama didunia yang turut mengisi acara.

Salah satu Presentasi yang dibawakan pada Hari Terakhir event MUM antara lain adalah 
: 1.) About BruteForce Attack

BruteForce adalah metode penyerangan terhadap sebuah sistem, dengan mencoba seluruh kemungkinan "password" yang belum diketahui. 
sedangkand" 
Dictionary Attack Adalah metode penyerangan ke target dengan list "password" yang sudah ada.

Tools yang biasa digunakan untuk melakukan hal hal ini diantaranya ;
Hydra
Medusa
Ncrack


Dan untuk Penanganan dari BruteForce adalah dengan mengaktifkan Firewall, agar user yang mencoba    penyerang dapat terdeteksi dan diBlok oleh sistem ini.                                                                                                

Foto bersama di sela jam makan siang

Next Presentation About Alternatif Energy

Pada presentasi ini yang membawakan adalah seorang Pemegang sertifikasi Trainer mikroTIK pertama Didunia.. Ia membangun energy alternatif di dataran tinggi yang belum memiliki akses listrik. Ia membangun Pembangkit listrik dari turbine yang bisa menghasilkan listrik sebesar 50 Watt untuk menghidupkan beberapa perangkat router mikrotik. Karna sebuah perangkat mikroTIK hanya membutuhkan listrik sebesar 20 watt untuk pengoperasiannya.

Dia membuat sebuah siklus untuk mendapatkan energy secara berkelanjutan. Ia membuat siklus sebagai berikut  untuk membuat energy listrik dari turbine air  ;

Water Resource = > turbine => cycle water => kembali ke Water Resource

siklus ini cukup efektif untuk di implentasikan di sebuah daerah yang belum terakses aliran listrik,
Energy yang diperoleh ia gunakan untuk mengecharger baterai untuk menghidupkan beberapa perangkat dari MikroTIK.

Selesai Acara presentasi, seperti biasanya mikroTIK melakukan tradisinya yaitu membagikan doorPrize berupa peralatan dari mikrotik yang berupa Router,switch dan lain-lainnya.
Namun sayang saya tidak mendapat undian doorprize itu hehe..

Selesai acara pembagian DoorPrize sang  Staff Support of MikroTIK, Mr. Sergeis Bayinkis mengucapkan ucapan terima kasih nya ke semua peserta MUM 2016..
Dan begitulah acara kegiatan MUM 2016 yang saya ikuti untuk pertama kalinya....

Images From this Event




Foto bersama staff Sales of mikrotik



Foto bersama CTO of MikroTIk
Mr, Arnis Riekstins





berfoto sebelum acara opening dimulai dihari pertama

Makan siang berjamaah
Load disqus comments

0 komentar