Minggu, 30 Juli 2017

Apa itu CISCO ?






Cisco terkenal dengan pengembangan teknologi dan teknologi dan produknya yang banyak membawa perubahan besar dalam dunia jaringan. Produk dan Layanan Cisco tersebar hampir diseluruh dunia, bahkan bisa dikatakan semua data jaringan 
Pengertian cisco adalah perusahaan yang merajai dunia jaringan untuk internet, dididrikan pada tahun 1984 oleh sekelompok ilmuan komputer dari universitas stanford.

Cisco Router Cisco adalah peralatan utama yang banyak digunakan pada Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN). Dengan cisco router, informasi dapat diteruskan ke alamat-alamat yang berjauhan dan berada di jaringan computer yang berlainan. Yang bertujuan untuk dapat meneruskan paket data dari suatu LAN ke LAN lainnya, Cisco router menggunakan tabel dan protocol routing yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas data. Paket data yang tiba di router diperiksa dan diteruskan ke alamat yang dituju. Agar paket data yang diterima dapat sampai ke tujuannya dengan cepat, router harus memproses data tersebut dengan sangat tepat. Untuk itu, Cisco Router menggunakan Central Processing Unit (CPU) seperti yang digunakan di dalam komputer untuk memproses lalu lintas data tersebut dengan cepat. Seperti komputer, cisco router juga mempunyai sejumlah jenis memori yaitu ROM, RAM, NVRAM dan FLASH, yang berguna untuk membantu kerjanya CPU. Selain itu dilengkapi pula dengan sejumlah interface untuk berhubungan dengan dunia luar dan keluar masuk data. Sistem operasi yang digunakan oleh cisco router adalah Internetwork Operating System (IOS). Memori yang digunakan oleh cisco router masing-masing mempunyai kegunaan sendiri- sendiri sebagai berikut :
  • ROM berguna untuk menyimpan sistem bootstrap yang berfungsi untuk mengatur proses boot dan menjalankan Power On Self Test (POST) dan IOS image.
  • RAM berguna untuk menyimpan running configuration dan dan sistem operasi IOS yang aktif.
  • NVRAM berguna untuk menyimpan konfigurasi awal (start-up configuration).
  • FLASH berguna untuk menyimpan IOS image. Dengan menggunakan FLASH, IOS versi baru dapat diperoleh dari TFTP server tanpa harus mengganti komponen dalam router.

 


Cisco adalah perusahaan peralatan komunikasi yang berbasis di California, Amerika Serikat. Perusahaan ini awalnya hanya membuat peralatan routing, akan tetapi sekarang menjual bermacam peralatan-peralatan komunikasi seperti berikut:
  1. Ethernet switches
  1. Branch office routers and CPE (Customer Premises Equipment)
  1. IP Telephony products such as IP PBXes (CallManager), VoIP gateways and IP
  1. phones
  1. Network security devices such as Firewalls, VPN concentrators, Network and Host
  1. Intrusion Prevention and Software
  1. Metro optical switching platforms
  1. Large carrier grade core and edge routers / MPLS switches
  1. Carrier and enterprise ATM switches
  1. Cable Modem Termination Systems (CMTSes)
  1. DSL subscriber aggregation / concentration equipment
  1. Remote access and universal gateways
  1. Storage Area Network (SAN) switches and appliances
  1. Network management software and appliances
  1. Wireless
  1. Home networking products (via the Linksys division








CISCO Networking Academy Cisco juga menjalankan kursus networking yang dikenal dengan Cisco Networking Academy, dimana menggunakan kampus dan sekolah untuk belajar. Kursus yang ditawarkan pada Cisco Networking Academy antara lain adalah sebagai berikut: 


1. CCNA. Ekivalen dengan 280 jam instruksi, memberikan siswa dengan pelajaran dasar dalam jaringan. Siswa yang menyelesaikan bagian ini akan mendapatkan Cisco Certified Network Associate (CCNA™) certification.


 2. CCNP. Juga ekivalen dengan 280 jam instruksi, dan lebih advanced. Siswa belajar lebih kompleks mengenai konfigurasi jaringan dan bagaimana mendiagnosa dan memperbaiki masalah jaringan. Siswa yang menyelesaikan bagian ini akan mendapatkan Cisco Certified Network Professional (CCNP™) certification.


 3. Hp IT Essentials I. Disponsori oleh Hewlett-Packard Company, melakukan penggalian dalam pada hardware komputer dan sistem operasi. Siswa belajar fungsionalitas hardware dan software serta langkah-langkah terbaik dalam pemeliharaan dan keamanan. Kursus ini membantu siswa untuk mendapatkan CompTIA's A+ certification."


 4. Hp IT Essentials II. Disponsori oleh Hewlett-Packard Company, pengenalan intesif terhadap multi-user, multi-tasking network operating systems. Karakteristik sistem operasi jaringan Linux, Windows 2000, NT, and XP akan dibahas . Siswa akan menggali banyak topik, antara lain prosedur instalasi, keamanan, back up, dan remote access.


5. JAVA. 70-jam kurus yang akan memberikan pengertian konsep dari pemrograman berorientasi objek. Kursus juga akan mengajarkan siswa bagaimana menggunakan bahasa JAVA untuk menyelesaikan masalah bisnis. Siswa akan belajar cara membuat class, object, dan aplikasi.


6. Network Security. Kursus ini akan mengajarkan siswa merancang dan mengimplementasi solusikeamanan yang akan mengurangi resiko kehilangan keuntungan.


 7.UNIX. Mengajarkan bagaimana menggunakan UNIX® operating system dan mengenalkan CDE, GNOME, and KDE graphical user interfaces (GUI). 


8. Web Design. Disponsori oleh Adobe Systems akan menitikberatkan pada proses produksi sebuah Web. Kursus Web Design exercises akan diajari dengan Adobe® Photoshop®, Adobe Illustrator®, Adobe GoLive™, Adobe LiveMotion™, dan Adobe Premiere.


9. Wireless LAN. Kursus pengenalan yang akan menitikberatkan pada perancangan, perencanaan, implemetasi, operasi, dan penanganan masalah pada jaringan wireless.

Load disqus comments

0 komentar